Rabu, 02 November 2011

Belasan Ribu Aparat Dikerahkan Dalam SEA Games di Jakarta

Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 16.797 aparat gabungan akan dikerahkan untuk menjaga keamanan selama pelaksanaan SEA Games XXVI pada 11 - 22 November 2011.

Aparat keamanan tersebut terdiri atas personel Polda Metro Jaya sebanyak 11.365 orang dan Satpol PP DKI sebanyak 5.432 personel yang akan bertugas mengamankan venue pertandingan di Jakarta dan Depok, kata Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo kepada wartawan, Rabu.

"Kami optimistis SEA Games XXVI akan berlangsung aman dan kondusif," katanya.

Ia mengatakan, pengamanan selama pelaksanaan SEA Games dibantu personel yang tergabung dalam Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkominda). "Mulai dari Polda Metro Jaya, dinas terkait, Kejaksaan Tinggi hingga unsur lain yang tergabung dalam Forkominda siap menyukseskan SEA Games di Jakarta," ujarnya.

Foke menjelaskan, pihaknya tidak akan meliburkan para pelajar sepenuhnya selama SEA Games, melainkan akan memberlakukan proses belajar terstruktur selama 14 hingga 18 November 2011.

Proses belajar difokuskan pada pengetahuan umum mengenai SEA Games dan cabang-cabang olahraga yang dipertandingkan.

"Proses belajar terstruktur hanya diberlakukan pada kelas awal SD, SMP dan SMA. Sementara siswa kelas 6 SD, 3 SMP dan 3 SMA/SMK tidak akan diberlakukan belajar terstruktur. Mereka akan belajar seperti biasa dalam rangka menghadapi ujian nasional (UN)," jelasnya.

Foke mengungkapkan, pihaknya juga telah menginstruksikan proyek pengerjaan saluran air harus selesai pada 9 November guna mengantisipasi kemacetan lalu lintas di Jakarta.

"Dirlantas Polda Metro Jaya dan Dinas Perhubungan DKI sepakat memberlakukan sistem buka tutup jalur sehingga memungkinan kontingen atlet bisa tiba tepat waktu di lokasi pertandingan," ungkapnya..

Selain itu, akomodasi penginapan atlet tidak terlalu jauh dari venue. Diperkirakan dari tempat penginapan hingga venue dapat ditempuh dengan waktu perjalanan maksimal 30 menit.

"Kami sudah hitung waktu dengan cuaca dan kondisi paling buruk. Bahkan jika terjadi hujan saat penyelenggaraan pertandingan, misalnya di venue Velodrome, jadwal pertandingan juga sudah diperhitungkan terhadap cuaca buruk yang mungkin terjadi," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar