Selasa, 13 September 2011

Mengharapkan Perubahan Kecil di VB.NET

VB.NET telah dibangun ulang untuk platform .NET. Apa artinya? Artinya adalah bahwa produk ini telah ditulis ulang mulai dari awal. Salah satu akibat dari penulisan ulang Visual Basic ini adalah bahwa persamaan apapun dengan versi sebelumnya haruslah ditambahkan dengan sengaja — Anda tidak akan mendapatkannya dengan bebas, sama seperti yang Anda lakukan ketika Anda menambahkan fitur baru kepada kode yang sudah ada. Sebuah bahasa pemrograman disusun dari jutaan nuansa: perilaku fungsi Format, urutan kejadian dalam sebuah form, dan kegiatan-kegiatan hack yang memungkinkan dan tidak terdokumentasikan, seperti men-subclass form pesan yang berulang. Beberapa hal ada yang tidak sama di VB.NET, dan setelah memutahirkan aplikasi, Anda mungkin menemukan beberapa perubahan kecil pada saat aplikasi berjalan.
Contohnya adalah tipe data Currency. Di VB6, tipe data Currency memiliki 4 digit presisi. Di VB.NET, tipe data Currency telah diubah namanya menjadi Decimal dan memiliki 12 digit presisi. Jika Anda menjalankan kode pada baris berikut di VB6:
MsgBox( CCur(10/3) )
maka dia akan menghasilkan keluaran 3.3333. Jika Anda menjalankan kode yang sama di VB.NET,
MsgBox( CDec(10 / 3) )
hasilnya adalah: 3.333333333333. Ini bukanlah perubahan besar, tapi dia mendasari dalam prinsip pemutahiran: VB.NET berbeda dengan VB6, dan oleh karena itu aplikasi-aplikasi yang sudah dimutahirkan akan berbeda dari aplikasi di VB6. Dalam banyak hal Anda tidak akan mengetahui perbedaannya, sehingga perlu untuk mengamati perbedaan yang terjadi dengan cara mengetes aplikasi Anda setelah Anda berhasil memutahirkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar